Jumat, 08 Januari 2021

Teknik dan Strategi Dalam Pemasaran

 

Halo teman-teman semuanya, yang sering mantengin blog saya untuk belajar bareng :), Kali ini saya ingin membagikan ke pada kalian apa sih Marketing itu, Simak berikut ini :

Pemasaran

   Merupakan kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen, menghasilkan barang atau jasa, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa. Prinsip pemasaran adalah menciptakan nilai bagi pelanggan, keunggulan bersaing dan fokus pemasaran.

kemudian mempelajari dan melatih bagaimana barang dan jasa yang dihasilkan itu didistribusikan atau dipasarkan. Sesuai dengan definisi pemasaran, yaitu kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen, menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, menentukan tingkat harga, dan didistribusikan produk ke tempat konsumen, maka tujuan pemasaran pemasaran adalah bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan, dan dibeli oleh konsumen.

Prinsip dasarnya simpel yaitu menciptakan nilai bagi langganan, keunggulan bersaing, dan fokus pemasaran. Tujuan pemasaran bukan hanya mendapatkan pelanggan, akan tetapi memperbaiki situasi bersaing. Dalam konteks ini, wirausahawan harus mampu memproduksi barang dan jasa dengan mutu yang lebih baik, harga yang lebih murah, dan penyerahan yang lebih cepat daripada pesaing.

Tujuan Pemasaran


Pahami Pasar Seperti Apa

Untuk melakukan pemasaran yang tepat sasaran dan berdaya guna, haruslah memahami kondisi pasar dan konsumen. Hal ini karena keduanya merupakan target potensial yang harus dicapai oleh suatu perusahaan.

Kondisi pasar disini tidak hanya trend yang sedang berkembang di kalangan konsumen, namun juga pesaing-pesaing terhadap produk yang dihasilkan. Selain itu, harus memahami kebutuhan yang sedang meningkat, keinginan dan selera dari pasar itu sendiri, daya beli seorang konsumen terhadap produk. Serta keunggulan dan kelemahan suatu produk sehingga mempengaruhi keputusan pembeli dalam mendapatkan produk tersebut.

 

Menciptakan Produk sesuai Kebutuhan

Produk yang sesuai dengan kebutuhan dapat menjamin kelangsungan dari perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi seorang manager pemasaran mengetahui produk yang sedang berkembang. Sehingga, ketika perusahaan melakukan inovasi terhadap suatu produk dapat sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Untuk dapat menciptakan produk sesuai dengan kebutuhan ini tidak lepas dari pemahaman terhadap pasar dan konsumen. Sehingga, pihak perancangan dan pengembangan produk dapat menyesuaikan produknya sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

 

Membangun Citra Produk

Tujuan pemasaran yang berikutnya adalah membangun citra produk agar memiliki nama yang baik dan mudah dikenal oleh konsumen. Sehingga, ketika produk telah populer dan mudah ditemukan secara tidak langsung akan meningkatkan penjualan dan laba perusahaan.

 Membangun citra produk dapat dilakukan melalui promosi, baik dengan pengiklanan, promosi secara langsung maupun tidak langsung. Umumnya, pengiklanan memiliki pengaruh yang besar terhadap citra produk. Selain itu, produk dapat diperkenalkan melalui acara-acara khusus yang memiliki tema yang sama atau hampir sama dengan produk atau jasa yang akan dipasarkan. Sehingga, para pembeli akan berkumpul dalam satu kegiatan tersebut. Secara tidak langsung, produk yang ditawarkan akan mulai dikenal oleh masyarakat.

 

Mencapai Citra yang Dibangun

Citra dari suatu produk amat penting untuk dibangun dan melekat sebagai kekhasan dari produk tersebut. Misalnya produk-produk perawatan wajah haruslah memiliki citra kecantikan seorang wanita. Produk elektronik haruslah memiliki citra yang menonjolkan kecanggihan suatu teknologi dan simbol modernisasi suatu zaman. Untuk dapat mencapai citra yang diinginkan dari suatu produk dapat menggunakan berbagai cara.

Salah satunya menggunakan seorang selebriti yang mampu mewakili citra dari produk tersebut. Selain itu, dapat pula dibangun melalui iklan atau acara-acara tertentu yang mewakili citra dari produk tersebut. Sehingga, produk atau jasa yang diproduksi memiliki suatu kekhasan dan citra yang mudah diingat oleh konsumen.


Penjualan

Penjualan merupakan tujuan utama dari suatu pemasaran dilakukan. Untuk dapat mencapai suatu target penjualan yang telah ditetapkan oleh manager pemasaran, maka suatu strategi pemasaran dirancang dan dilakukan oleh tim. Seorang manager pemasaran haruslah mampu melakukan peramalan permintaan dan target penjualan setiap periode. Sehingga, perusahaan tetap mampu berjalan dan memenuhi target.

 

Kepuasan Konsumen

Kepuasan konsumen merupakan target utama yang harus tercapai dari tujuan pemasaran. Seorang konsumen yang telah puas terhadap suatu produk tersebut, bahkan setia menggunakannya dan tidak berpindah pada produk lainnya merupakan target yang harus terpenuhi.

Adanya kesetiaan konsumen ini, secara tidak langsung dapat meningkatkan jumlah konsumen baru dan pada akhirnya penjualan meningkat.


Prinsip Pemasaran

Terdapat 4 prinsip pemasaran demi menciptakan strategi yang paling tepat untuk menjalani bisnis, yaitu :

  1. Product (produk)
  2. Price (harga)
  3. Place (tempat) -edit = termasuk di dalamnya adalah distribusi.
  4. Promotion (promosi)


Perencanaan Pemasaran

Pembahasan tentang strategi perusahaan, tidak lepas dari perencanaan, arahan, atau acuan arah perusahaan untuk mencapai suatu tujuan. Perencanaan pemasaran meliputi langkah-langkah sebagai berikut :

  • Penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan

    Untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan, pertama-tama harus dilakukan penelitian pasar atau riset pemasaran. Riset pasar harus di arahkan pada kebutuhan konsumen, misalnya barang atau jasa apa yang di inginkan dan dibutuhkan konsumen, misalnya barang dan jasa apa yang diinginkan pelanggan, berapa jumlahnya, kualitas yang bagaimana, siapa yang membutuhkan, dan kapan mereka membutuhkan.

 

  • Memilih pasar sasaran khusus

    Setelah mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen, langkah berikutnya adalah memilih pasar sasaran khusus, ada tiga jenis pasar sasaran khusus, yaitu :

a. Pasar individual

b. Pasar khusus

c. Segmentasi pasar

    Dari tiga alternatif pasar sasaran tersebut, bagi perusahaan kecil dan usaha baru lebih tepat bila memilih pasar khusus/ceruk dan pasar individual. Sementara itu, untuk perusahaan menengah dan besar lebih baik memilih segmen pasar.

 

  • Menempatkan strategi pemasaran dalam persaingan

Penerapan strategi pemasaran sangat bergantung pada keadaan lingkungan persaingan pasar yang ada ke depannya . Keberhasilan dalam segmentasi pasar sangat bergantung pada potensi yang menggambarkan permintaan dari lingkungan yang bersaingan :

– Berorientasi pada pelanggan

– Kualitas, ialah mengutamakan manajemen kualitas total, yaitu efektif, efesien. tepat.

– Kenyamanan. yaitu memfokuskan perhatian pada kesenangan hidup, kenyamanan, dan kenikmatan.

– Inovasi, yaitu harus berkonsentrasi untuk berinovasi dalam produk, jasa ataupun proses.

– Kecepatan, yang diwujudkan dalam bentuk :

    a. kecepatan untuk menempatkan produk baru dipasar.

    b. Memperpendek waktu untuk merespon keininan dan kebutuhan pelanggan.

– Pelayanan dan kepuasan pelanggan.

 

  • Pemilihan strategi pemasaran

Strategi pemasaran ialah paduan dari kinerja wirausahawan dengan hasil pengujian dan penelitian pasar sebelumnya dalam mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran. Untuk menarik konsumen, wirausahawan bisa merekayasa indikator-indikator yang terdapat dalam bauran pemasaran.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Spam, SARA, atau hal berbau politik. Jangan menggunakan nama Unknown, gunakan namamu.