Pemasaran
Merupakan kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen, menghasilkan barang atau jasa, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa. Prinsip pemasaran adalah menciptakan nilai bagi pelanggan, keunggulan bersaing dan fokus pemasaran.
kemudian mempelajari dan melatih bagaimana barang dan jasa yang dihasilkan itu
didistribusikan atau dipasarkan. Sesuai dengan definisi pemasaran, yaitu
kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen, menghasilkan barang dan
jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, menentukan tingkat harga,
dan didistribusikan produk ke tempat konsumen, maka tujuan pemasaran pemasaran
adalah bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan, dan dibeli oleh konsumen.
Prinsip dasarnya simpel yaitu menciptakan nilai bagi
langganan, keunggulan bersaing, dan fokus pemasaran. Tujuan pemasaran bukan hanya mendapatkan pelanggan, akan tetapi memperbaiki situasi bersaing. Dalam konteks
ini, wirausahawan harus mampu memproduksi barang dan jasa dengan mutu yang
lebih baik, harga yang lebih murah, dan penyerahan yang lebih cepat daripada pesaing.
Tujuan Pemasaran
Pahami Pasar Seperti Apa
Untuk melakukan pemasaran yang tepat sasaran dan berdaya guna, haruslah memahami kondisi pasar dan konsumen. Hal ini karena keduanya merupakan target potensial yang harus dicapai oleh suatu perusahaan.
Kondisi pasar disini tidak hanya trend yang sedang berkembang di kalangan konsumen, namun juga pesaing-pesaing terhadap produk yang dihasilkan. Selain itu, harus memahami kebutuhan yang sedang meningkat, keinginan dan selera dari pasar itu sendiri, daya beli seorang konsumen terhadap produk. Serta keunggulan dan kelemahan suatu produk sehingga mempengaruhi keputusan pembeli dalam mendapatkan produk tersebut.
Menciptakan Produk sesuai Kebutuhan
Produk yang sesuai dengan kebutuhan dapat menjamin
kelangsungan dari perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi seorang manager
pemasaran mengetahui produk yang sedang berkembang. Sehingga, ketika perusahaan
melakukan inovasi terhadap suatu produk dapat sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Untuk dapat menciptakan produk sesuai dengan kebutuhan ini tidak lepas dari pemahaman terhadap pasar dan konsumen. Sehingga, pihak perancangan dan pengembangan produk dapat menyesuaikan produknya sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Membangun Citra Produk
Tujuan pemasaran yang berikutnya adalah membangun citra
produk agar memiliki nama yang baik dan mudah dikenal oleh konsumen. Sehingga,
ketika produk telah populer dan mudah ditemukan secara tidak langsung akan
meningkatkan penjualan dan laba perusahaan.
Mencapai Citra yang Dibangun
Citra dari suatu produk amat penting untuk dibangun dan
melekat sebagai kekhasan dari produk tersebut. Misalnya produk-produk perawatan
wajah haruslah memiliki citra kecantikan seorang wanita. Produk elektronik
haruslah memiliki citra yang menonjolkan kecanggihan suatu teknologi dan simbol
modernisasi suatu zaman. Untuk dapat mencapai citra yang diinginkan dari suatu
produk dapat menggunakan berbagai cara.
Salah satunya menggunakan seorang selebriti yang mampu mewakili citra dari produk tersebut. Selain itu, dapat pula dibangun melalui iklan atau acara-acara tertentu yang mewakili citra dari produk tersebut. Sehingga, produk atau jasa yang diproduksi memiliki suatu kekhasan dan citra yang mudah diingat oleh konsumen.
Penjualan
Penjualan merupakan tujuan utama dari suatu pemasaran dilakukan.
Untuk dapat mencapai suatu target penjualan yang telah ditetapkan oleh manager
pemasaran, maka suatu strategi pemasaran dirancang dan dilakukan oleh tim.
Seorang manager pemasaran haruslah mampu melakukan peramalan permintaan dan
target penjualan setiap periode. Sehingga, perusahaan tetap mampu berjalan dan
memenuhi target.
Kepuasan Konsumen
Kepuasan konsumen merupakan target utama yang harus tercapai
dari tujuan pemasaran. Seorang konsumen yang telah puas terhadap suatu produk
tersebut, bahkan setia menggunakannya dan tidak berpindah pada produk lainnya
merupakan target yang harus terpenuhi.
Adanya kesetiaan konsumen ini, secara tidak langsung dapat meningkatkan jumlah konsumen baru dan pada akhirnya penjualan meningkat.
Prinsip Pemasaran
Terdapat 4 prinsip pemasaran demi
menciptakan strategi yang paling tepat untuk menjalani bisnis, yaitu :
- Product (produk)
- Price (harga)
- Place (tempat) -edit = termasuk di dalamnya adalah distribusi.
- Promotion (promosi)
Perencanaan Pemasaran
Pembahasan tentang strategi perusahaan, tidak lepas
dari perencanaan, arahan, atau acuan arah perusahaan untuk mencapai
suatu tujuan. Perencanaan pemasaran meliputi langkah-langkah sebagai berikut :
- Penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan
Untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan,
pertama-tama harus dilakukan penelitian pasar atau riset pemasaran. Riset pasar
harus di arahkan pada kebutuhan konsumen, misalnya barang atau jasa apa yang di
inginkan dan dibutuhkan konsumen, misalnya barang dan jasa apa yang diinginkan
pelanggan, berapa jumlahnya, kualitas yang bagaimana, siapa yang membutuhkan,
dan kapan mereka membutuhkan.
- Memilih pasar sasaran khusus
Setelah mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen, langkah
berikutnya adalah memilih pasar sasaran khusus, ada tiga jenis pasar sasaran
khusus, yaitu :
a. Pasar individual
b. Pasar khusus
c. Segmentasi pasar
Dari tiga alternatif pasar sasaran tersebut, bagi perusahaan kecil dan usaha baru lebih tepat bila memilih pasar khusus/ceruk dan pasar individual. Sementara itu, untuk perusahaan menengah dan besar lebih baik memilih segmen pasar.
- Menempatkan strategi pemasaran dalam persaingan
Penerapan strategi pemasaran sangat bergantung pada keadaan
lingkungan persaingan pasar yang ada ke depannya . Keberhasilan dalam
segmentasi pasar sangat bergantung pada potensi yang menggambarkan permintaan
dari lingkungan yang bersaingan :
– Berorientasi pada pelanggan
– Kualitas, ialah mengutamakan manajemen kualitas total,
yaitu efektif, efesien. tepat.
– Kenyamanan. yaitu memfokuskan perhatian pada kesenangan
hidup, kenyamanan, dan kenikmatan.
– Inovasi, yaitu harus berkonsentrasi untuk berinovasi dalam
produk, jasa ataupun proses.
– Kecepatan, yang diwujudkan dalam bentuk :
a. kecepatan untuk menempatkan produk baru dipasar.
b. Memperpendek waktu untuk merespon keininan dan kebutuhan
pelanggan.
– Pelayanan dan kepuasan pelanggan.
- Pemilihan strategi pemasaran
Strategi pemasaran ialah paduan dari kinerja wirausahawan dengan hasil pengujian dan penelitian pasar sebelumnya dalam mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran. Untuk menarik konsumen, wirausahawan bisa merekayasa indikator-indikator yang terdapat dalam bauran pemasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Jangan Spam, SARA, atau hal berbau politik. Jangan menggunakan nama Unknown, gunakan namamu.