Jumat, 15 Januari 2021

Teknik Marketing di Era Digital

 

Halo teman-teman semuanya, yang sering mantengin blog saya untuk belajar bareng :), Kali ini saya ingin membagikan ke pada kalian teknik teknik digital marketing itu, Simak berikut ini :

    Pertama, apasih Digital Marketing itu? Digital marketing bisa dibilang suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan.

    Selanjutnya, saya akan membagikan tips dan strategi dasar dalam Digital Marketing yang biasanya dilakukan oleh mereka para pengusaha sukses, antara lain :

1. Blogging Dengan Menonjolkan SEO


    Sebagai salah satu pengguna rutin Google, kita tentunya ingin nama situs kita yang muncul paling awal ketika searching. Oleh karena itu, kita memerlukan penerapan teknik SEO yang tepat untuk menjadi situs yang terdepan. Bagaimana caranya? Tidak lain dengan mempelajari cara kerja SEO, termasuk istilah penting yang berhubungan dengannya.

Backlink: Link yang ada diwebsite orang lain dan menuju website kita.
Black Hat SEO: Bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan peringkat namun sayangnya teknik ini dilarang.
PageRank: Algoritma pertama yang kini telah digantikan dengan berbagai algoritma terbaru dibuat khusus oleh Google.
Outbond Link: Link yang akan membawa kita memasuki halaman situs milik orang lain.
White Hat SEO: Teknik SEO yang diperbolehkan oleh Google dan mesin pencari lainnya.

2. Video Marketing Via YouTube

Contoh Video marketing punya IKEA di YT

    Semakin banyak jumlah subscriber atau viewers maka akan semakin populer akun YouTube Anda yang nantinya akan berdampak positif terhadap penjualan. Mungkin terdengar mudah dan menyenangkan, tapi nyatanya strategi digital marketing ini cukup sulit dilaksanakan, apalagi bila tidak ada pengalaman menghasilkan video yang bagus. Teknik editing video dan pengaturan pengambilan gambar harus dilakukan sebaik mungkin, sehingga seseorang yang menonton akan merasa nyaman. Bahkan bisa menangkap informasi yang coba Anda sampaikan di dalamnya. Sebelum memulai video marketing, pelajari lebih dahulu caranya hingga benar-benar mahir.

3. Email Marketing

    Newsletter marketing merupakan fitur modern yang memungkinkan seseorang memperoleh update-an terbaru dari sebuah situs. Cara mengaktifkan newsletter pun sangat mudah, seseorang hanya perlu memasukkan alamat email aktif lalu tekan subscribe. Ketika alamat email telah terhubung dengan web, maka update terbaru akan dikirim secara otomatis ke alamat email. Strategi ini bisa menjadi cara promosi jangka panjang tanpa perlu banyak action. Yang perlu Anda lakukan cukup update konten baru nan menarik secara teratur.

4. Social Media Marketing

    Selain efektif, Anda bahkan tidak perlu membayar sama sekali. Cukup usahakan agar jumlah follower atau pertemanan Anda di social media terus bertambah setiap bulannya sehingga makin banyak orang yang mengenal brand dan produk Anda. Jika modalnya ada, Anda bisa memilih untuk menggunakan fasilitas iklan yang ditawarkan oleh social media tersebut seperti Facebook Ads atau Instagram Ads.

5. Bergabung Bersama Forum dan Komunitas

    Salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis adalah komunikasi yang baik. Menghandle konsumen dan klien tidak bisa dilakukan tanpa keahlian tersebut. Begitu pula bila Anda berencana memasuki Facebook Pages, Kaskus maupun forum dan komunitas populer lainnya. Pastikan tidak melakukan hal ini setelah Anda join komunitas maupun forum:
Jangan Melakukan Spam Promosi
Jadilah anggota komunitas atau forum yang bermartabat dengan menghargai dan menghormati seluruh anggota yang bergabung. Jangan asal mempromosikan produk Anda di forum pendidikan maupun kesehatan apalagi jika produk tersebut tidak ada kaitannya dengan dua tema tersebut.
Jangan Menyebarkan Link Mentah
Sebarkan link yang memiliki poin-poin penting sehingga orang merasa tidak menyesal telah membuka link Anda.

6. Podcasting

    Meskipun belum umum di Indonesia, digital marketing melalui media ini sangat populer di luar negeri mengingat industri radio internasional telah mengalami penurunan minat pendengarnya. Banyak pihak yang yakin jika podcast akan sangat populer di masa depan, mengingat tema yang ditawarkan sangat beragam. Kita tidak hanya mendengarkan siaran musik saja, melainkan bisa mendengarkan rekaman suara tentang politik, ekonomi, bisnis, hobi, kesehatan dan masih banyak lagi. Anda yang tertarik, bisa belajar membuat podcast sendiri bahkan melakukan kombinasi dan interview dengan pengguna podcast lainnya.


7. Pasang Iklan Berbayar

    Namanya bisnis maka tidak ada yang gratis, membuat iklan membutuhkan banyak modal termasuk iklan di sebuah situs. Tapi ingatlah, tidak ada sesuatu yang berjalan cepat tanpa uang. Bagaimana pun juga waktu adalah uang. 


    Setelah melihat tips dan strategi yang telah saya bagian di atas, selanjutnya yang ingin saya bagikan lainnya iyalah apasih manfaat yang bisa diambil dari digital marketing dalam suatu bisnis itu? Serta apasih Kelebihannya?

 Perlu Anda ketahui bahwa sistem digital marketing tak serumit yang Anda bayangkan. Pemasaran digital telah banyak memberikan manfaat besar bagi para pengusaha maupun konsumen.

1. Menghubungkan Anda dengan Konsumen di Internet,
2. Menghasilkan Penjualan yang Tinggi,
3. Membuat Anda Lebih Hemat,
4. Mengaktifkan Layanan Pelanggan Real-Time,
5. Menjangkau Pengguna Mobile (Smartphone),
6. Membantu Menghasilkan Pendapatan Tinggi,
7. ROI (laba dalam berinvestasi) Menjadi Lebih Tinggi,
8. Menjaga Posisi Anda Terhadap Pesaing,
9. Membantu Anda Bersaing dengan Perusahaan Besar,
10. Mempersiapkan Anda untuk Era Internet of Things.

Kelebihan dari Digital marketing yang dapat kita peroleh ialah:

1. Memudahkan Kegiatan Pemasaran

    Digital marketing tak lain adalah kegitan marketing dengan menggunakan media digital. Memudahkan disini artinya adalah mudah dalam mendapatkan customer dalam meningkatkan pemasaran. Digital merupakan teknologi untuk mendapatkan customer lebih spesifik, yaitu menjaring customer yang mempunyai minat dengan produk atau jasa anda, sehingga peluang terjadinya penjualan lebih tinggi. Jauh lebih jelas dibandingkan cara pemasaran dengan teknik canvasing seperti menyebar brosur, beriklan di koran, majalah, atau datang ke rumah-rumah secara random.

2. Pemasaran Lebih Efektif dalam Menjangkau Customer

    Kita bisa menarget ingin berapa jumlah pengunjung yang datang ke website atau toko online kita dalam sehari. Menggunakan beberapa media iklan digital marketing kita bisa melakukan hal ini. Berbeda dengan toko offline, berapa banyak yang datang kita tidak bisa mengontrol, tergantung pada orang yang datang dan mungkin ramainya pada waktu atau event tertentu saja.

3. Biaya Iklan yang Sangat Murah

    Bidang marketing pemasaran tidak akan pernah lepas dengan beriklan. Sudah sejak dari dulu bahwa melakukan pemasaran setidaknya akan menggunakan iklan, mulai dari iklan di kolom koran, majalah, radio, hingga televisi. Kita tahu harga iklan di media konvensional harganya jutaan, puluhan bahkan ratusan juta rupiah yang akan sulit dijangkau oleh pebisnis kecil.

    Sedangkan beriklan di di Digital Marketing bisa mulai dari budget Rp 50.000 per hari untuk Google Ads, Facebook dan Instagram Ads.

4. Data Pemasaran

    Dalam semua aspek iklan digital, baik sebelum maupun sesudah melakukan iklan khususya dengan Google Ads dan Facebook Ads, keuntungan terbesarnya adalah data. Data siapa saja audiens yang yang melihat iklan, kata kunci yang dicari, gender, usia, minat, dan lokasi. Semua data diatas bisa digunakan untuk mengelola ikllan yang lebih efektif dan efisien.



Kesimpulan
    Digital Marketing merupakan suatu usaha untuk menjalankan pemasaran sebuah brand atau produk via dunia digital dimana Anda bisa berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu di online. Ada berbagai akses untuk para calon konsumen supaya bisa melihat penawaran Anda, seperti Website, Blog, Media sosial, hingga media hiburan seperti Youtube maupun game online gratis berbasis iklan. Dari sebagian akses itulah mereka akan berkomunikasi kepada Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Spam, SARA, atau hal berbau politik. Jangan menggunakan nama Unknown, gunakan namamu.